Penulis : dr. Reza Fahlevi

Agar terhindar dari dampak buruk, Anda perlu mengenali tanda-tanda anak yang terserang difteri.

Angka kejadian penyakit difteri meningkat belakangan ini. Difteri merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae. Penyakit ini sangat mudah menular dan berbahaya, sebab dapat menyebabkan kematian. Difteri tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga anak.
 
317
 
0
Penulis : dr. Reza Fahlevi

Ada efek samping dari pemberian vaksin DPT pada anak. Namun, Anda dapat mengatasinya dengan kiat berikut ini.

Belum lama ini, penyakit difteri banyak menyerang masyarakat Indonesia. Karena itu, pemerintah menyatakan bahwa kasus difteri masuk dalam status kejadian luar biasa (KLB). Namun, sebenarnya penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin DPT (difteri, pertusis, tetanus).
 
2
 
0
Penulis : dr. Reza Fahlevi

Difteri juga menyerang anak. Hal tersebut dapat dicegah dengan pemberian vaksin DPT.

Akhir-akhir ini, penyakit difteri masuk dalam kategori kejadian luar biasa (KLB). Artinya, angka penderita penyakit difteri meningkat pada tahun 2017. Karena itu, pemerintah melakukan respons cepat pencegahan difteri, melalui pemberian imunisasi, terhadap wilayah dengan jumlah kasus terbanyak.
 
86
 
0
Penulis : dr. Reza Fahlevi

Vaksin harus diberikan sesuai dengan tahapan usia anak. Pemberiannya dimulai dari sejak lahir sampai usia remaja.

Pemberian vaksin telah terbukti mendatangkan manfaat yang nyata bagi kesehatan anak. Banyak penyakit yang dulu mewabah dan mematikan, kini telah berkurang. Bahkan, sebagian penyakit sudah menghilang. Lantas kapan anak boleh mendapatkan vaksin?
 
6
 
0
Penulis : dr. Reza Fahlevi





Ada begitu banyak manfaat vaksin untuk anak. Salah satunya yaitu melindungi anak dari penyakit menular yang mematikan.





Belum lama ini, penyakit difteri masuk dalam kategori kejadian luar biasa (KLB) di Indonesia. Angka penderita penyakit difteri yang sudah sangat menurun sebelumnya, kini meningkat di banyak provinsi.
 
50
 
0
Penulis : dr. Karin Wiradarma

Meski tidak dapat menggantikan makanan, pemberian susu dengan jumlah dan waktu yang tepat bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi anak.

Anda memiliki anak picky eater? Tenang, Anda tidak sendiri. Menginjak usia balita, anak memang cenderung menjadi lebih pemilih dalam hal mengonsumsi makanan. Jadi, dapat dikatakan bahwa picky eater pada anak wajar terjadi.
 
127
 
0
Penulis : dr. Karin Wiradarma

Anda perlu mengenali jenis-jenis gangguan makan pada anak yang dapat memicu kekurangan gizi.

Gangguan makan pada anak, terutama balita, umum terjadi. Sebanyak 25–40 persen anak dilaporkan pernah mengalami
 
125
 
0
Penulis : dr. Karin Wiradarma

Anak yang picky eater dapat kekurangan nutrisi, termasuk mineral penting.

Picky eater adalah masalah terkait pola makan yang sering terjadi pada anak, terutama balita. Di masa-masa ini, anak menjadi pemilih dan acap kali menolak makanan yang disodorkan kepadanya. Anak cenderung mengonsumsi makanan tertentu yang disukainya.
 
86
 
0