Charenting
Punya pertanyaan seputar psikologi anak? Psikolog kami Irma Gustiana Andriani, MPsi, Psi, akan membantu menjawab pertanyaan para orang tua sekalian.

 

2018-05-28 05:42:05
Keberadaan kakek dan nenek tidak dapat dipisahkan dari pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Apalagi di masa kini, kebanyakan orangtua muda membutuhkan dukungan dari kakek nenek, terutama secara psikologis. Kasih sayang yang diberikan kakek nenek kepada cucu dapat melengkapi pemenuhan perhatian dari orangtua, terutama bila orangtua bekerja. Anak-anak yang tumbuh berkembang dalam lingkungan keluarga besar yang penuh kasih sayang, akan membuat anak merasa aman dan nyaman sehingga akan berdampak positif pada kejiwaannya di masa yang akan datang.
2018-05-14 06:37:14
GTM atau gerakan tutup mulut saat makan seringkali membuat orangtua khawatir dengan tumbuh kembang anak. Hal ini dikarenakan, asupan nutrisi seimbang sangat penting bagi balita.
2016-03-30 10:47:43
Anak saya Tahes berusia 33 bulan. Menurut saya dia anak yang mandiri, karena di saat saya sedang mengerjakan pekerjaan rumah, dia bermain sendiri dengan mobil-mobilannya atau mainan edukasi yang ada di tab. Tahes jarang bermain di luar rumah, karena teman-teman sebayanya takut sama dia. Tahes sering mendorong temannya sampai jatuh atau memukul temannya dengan mainan yang sedang ia mainkan. Tapi kalau ada temannya yang ngintip di kaca jendela rumah, Tahes bilang, "Cini-cini, masuk, main.” Itu berarti Tahes ingin bermain sama temannya, tapi kenapa saat sudah bermain bersama, Tahes jadi suka mendorong atau memukul ya? Apakah itu wajar? Tapi temannya bisa berbagi mainan dengan Tahes tanpa mendorong atau memukul. Kenapa Tahes berbeda?
2016-03-30 10:46:37
Kadangkala ada rasa khawatir saat anak
bermain, apalagi saat bermain di luar.

Apakah saat bermain anak yang didampingi orangtua, ia tetap dapat melatih kemandiriannya?