Working Mom : Bahagia di Rumah dan di Kantor
21 Desember 2015



Ibu yang berkarir seringkali mendapatkan kritikan dari masyarakat awam karena dianggap sebagai ibu yang abai pada anak-anak, melalaikan tugas sebagai seorang istri dan tugas rumah tangga lainnya. Padahal dari beberapa penelitian yang dilakukan di beberapa negara, dilaporkan bahwa ibu yang bekerja di luar rumah ternyata lebih berbahagia ketimbang ibu yang menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya. Salah satunya adalah hasil survei yang dilakukan dengan mewawancarai 900 responden oleh situs parenting, Mumsnet. Dari survei yang dilansir 13 April 2014, hanya sekitar 13 persen ibu yang bekerja yang merasa bersalah karena menghabiskan waktu di luar rumah (sumber : www.tempo.com).

Kenapa seorang ibu memilih bekerja? Alasannya tentu sangat personal. Ada yang beralasan memilih berkarir di luar rumah karena adanya dorongan yang kuat dari pasangan, keinginan membantu ekonomi & keuangan keluarga, mengembangkan aktualisasi dirinya, menjadi contoh bagi anak-anak dan berbagai alasan lain yang cukup personal.

Kondisi di mana seorang ibu harus bekerja ternyata mampu untuk mendorong dan membentuk anak yang mandiri. Tanpa kehadiran ibu di rumah di jam kerja, anak bisa menyelesaikan tugas-tugasnya sendiri seperti makan atau berpakaian sendiri. Beberapa anak, sekalipun dibantu oleh PRT, ternyata menunjukkan kemauan untuk menyelesaikan tugas sekolah tanpa harus didampingi secara terus menerus oleh ibu.

Selain itu, ibu yang bekerja juga memberikan contoh pada anak-anaknya. Pada anak perempuan, ibu bekerja mencontohkan pada anak bahwa wanita juga memiliki hak serta kesempatan berkarir dan menunjukkan aktulisasi di dunia kerja. Sementara pada anak lelaki, ibu bekerja memberikan pemahaman pada anak bahwa pekerjaan domestik atau rumah tangga bukan hanya pekerjaan perempuan tetapi dapat dikerjakan oleh semua anggota keluarga. Di samping itu, dengan waktu yang padat, ternyata banyak ibu bekerja dapat menunjukkan keharmonisan dalam keluarganya, semisal menyempatkan diri untuk selalu memantau perkembangan anak dan memastikan kebutuhannya tercukupi. Umumnya ibu bekerja akan memanfaatkan waktu bersama anak secara lebih berkualitas.

Jadi selama ibu bekerja bisa mengimbangi peran sebagai ibu di rumah & sebagai ibu bekerja, kebahagiaan berkarir & membina keluarga di rumah bisa diraih. Tidak lupa kami mengucapkan, #TerimakasihIbu atas segala hal yang telah dilakukan untuk keluarga. Selamat Hari Ibu.


 

 

 

Disclaimer: Artikel di situs ini ditulis sebagai pemikiran & pandangan independen dari penulis artikel. Isi artikel tidak mewakili pendapat atau opini pengelola situs. Hal-hal yang timbul kemudian karenanya diluar tanggung jawab penulis & pengelola situs.

Silahkan login untuk menulis komentar